Seni Paskah / Easter art

Budaya Seni Melukis Telur Paskah    Telur Paskah merupakan simbol atau maskot utama dalam perayaan paskah umat kristiani. Sejarah dari telur paskah adalah pada masa Kristen telur paskah menjadi symbol sukacita paskah,yaitu karena, dulu telur merupakan salah satu makanan pantang selama masa prapaskah, kaum beriman sejak awal telah mewarnai telur-telur Paskah dengan warna-warna cerah,meminta berkat atasnya,menyantapnya, serta memberikannya kepada kerabat sebagai hadiah paskah.        Tradisi telur paskah berkembang di antara bangsa eropa dan asia segera sesudah mereka masuk Kristen.Ritual Romawi mempunyai tata cara khusus untuk pemberkatan telur-telur paskah :“ Kami Mohon Kepada-Mu, ya Tuhan, untuk menganugerahkan kuasa-Mu atas telur – telur ini,menjadikannya makanan yang sehat bagi umat beriman,yang dengan penuh syukur menyantapnya demi menghormati kebangkitan Tuhan kami Yesus Kristus.”

       Pada abad pertengahan, menurut tradisi telur-telur paskah dibagikan pada Hari Raya Paskah kepada semua pelayan. Terdapat catatan bahwa Raja Edward I dari Inggris(1307) memerintahkan agar 450 butir telur direbus menjelang paskah, diberi warna atau dibungkus dengan daun keemasan, yang kemudian akan dibagi kepada seluruh anggota keluarga kerajaan pada Hari Raya Paskah.


    Seiring dengan perkembangan zaman, Telur Paskah menjadi tradisi juga kesenian pada perayaan paskah, seni melukis,mewarnai dan seni ukir telur paskah menjadi tren pada saat perayaan paskah. Telur paskah telah lama menjadi tradisi juga media untuk mengapresiasikan bakat seni dari seniman maupun kaum awam yang ikut merayakan paskah.


      Tradisi paskah adalah dengan menggunakan telur ayam dicelup atau dicat, tapi kebiasaan modern adalah untuk menggantikan telur cokelat atau telur plastik berisi permen dengan kacang jeli. Telur ini sering tersembunyi, diduga oleh kurangnya telur di hari Paskah, karena anak-anak menemukan telur di hari paskah. Jika tidak, umumnya ditempatkan dalam keranjang jerami atau dibuatankan sarang, seperti menyerupai sarang burung.



Share



Share

Penulis : Dison Lumingkewas ~ || Dunia Seni

Artikel Seni Paskah / Easter art ini dipublish oleh Dison Lumingkewas pada hari Senin, 09 April 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Seni Paskah / Easter art
 

0 comments:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN