Jascha Heifetz (pengucapan Inggris: / haɪfɪts / , 2 Februari 1901 - 10 Desember 1987) adalah seorang pemain biola , lahir di Vilnius , Lithuania . Ia secara luas dianggap sebagai salah satu pemain biola terbesar sepanjang masa.
Heifetz dilahirkan dalam sebuah Litvak keluarga di Vilnius , Lithuania , maka bagian dari Kekaisaran Rusia . [5] Ayahnya, Reuven Heifetz, anak Elie, adalah seorang guru biola lokal dan menjabat sebagai concertmaster dari Vilnius Theatre Orchestra untuk satu musim sebelum teater ditutup. Jascha mengambil biola ketika ia berusia tiga tahun dan ayahnya adalah guru pertamanya. Pada lima dia mulai pelajaran dengan Ilya D. Malkin, mantan murid dari Leopold Auer . Dia adalah seorang anak ajaib, membuat debut publik di tujuh, di Kovno (sekarang Kaunas , Lithuania) memainkanKonserto Biola di E minor oleh Felix Mendelssohn . Pada tahun 1910 ia masuk ke Saint Petersburg Conservatory untuk belajar di bawah Leopold Auer sendiri.
Ia bermain di Jerman dan Skandinavia , dan bertemu Fritz Kreisler untuk pertama kalinya di sebuah rumah pribadi Berlin bersama dengan pemain biola mencatat lainnya yang hadir. Kreisler, usai mendampingi 12 tahun Heifetz di piano dalam kinerja konserto Mendelssohn, berkata kepada semua yang hadir, "Sebaiknya kita istirahat biola kami di lutut kita." Heifetz mengunjungi sebagian besar Eropa saat masih di usia remaja. Pada bulan April 1911, Heifetz dilakukan di sebuah konser terbuka di St Petersburg sebelum 25.000 penonton; ada semacam reaksi sensasional bahwa polisi diperlukan untuk melindungi pemain biola muda setelah konser. Pada tahun 1914, Heifetz dilakukan dengan Berlin Philharmonic dilakukan oleh Arthur Nikisch . Konduktor sangat terkesan, mengatakan ia belum pernah mendengar seperti seorang pemain biola yang sangat baik.
Heifetz dan keluarganya meninggalkan Rusia pada tahun 1917, perjalanan dengan kereta api ke paling timur Rusia dan dari situ dengan kapal ke Amerika Serikat, tiba di San Francisco.
Pada tanggal 27 Oktober 1917, Heifetz bermain untuk pertama kalinya di Amerika Serikat, di Carnegie Hall di New York , dan menjadi sensasi segera. [7] pemain biola Fellow Mischa Elman di penonton bertanya "Apakah Anda pikir itu panas di sini? ", dimana pianis Leopold Godowsky , di kursi depan, tidak terganggu menjawab, "Tidak untuk pianis". Ulasan oleh para kritikus New York yang meriah.
Pada tahun 1917, Heifetz terpilih sebagai anggota kehormatan Phi Mu Alpha Sinfonia , persaudaraan nasional untuk pria dalam musik, demi bab Alpha persaudaraan di New England Conservatory of Music di Boston. Ketika dia berusia 16 pada saat itu, ia mungkin orang termuda yang pernah dipilih untuk keanggotaan dalam organisasi. Heifetz tetap di negeri ini dan menjadi warga negara Amerika pada tahun 1925. Ketika ia mengatakan kepada pengagum Groucho Marx ia telah mencukupi kebutuhan hidupnya sebagai musisi sejak usia tujuh, Groucho menjawab, "Dan saya kira sebelum itu Anda hanya gelandangan."
Teknik dan timbre
Heifetz dianggap salah satu pemain biola terbaik sepanjang masa. Perintah teknis Heifetz dari alat-Nya - kemampuan fisik untuk memainkan biola dengan kecermatan yang mengagumkan - dianggap oleh banyak kritikus sebagai tiada bandingnya. Bahwa pengendalian fisik diaktifkan Heifetz untuk menghasilkan kualitas nada khas, intens dan berkilauan, yang kemudian dianggap sebagai ciri khasnya. Namun, dari waktu ke waktu yang hampir sempurna tekniknya dan sikap tahap konservatif menyebabkan beberapa kritikus untuk menuduh dia menjadi terlalu mekanis, bahkan dingin. Virgil Thomson disebut gaya Heifetz dari bermain "sutra musik pakaian", istilah yang ia tidak berniat sebagai pujian. Kritikus lain berpendapat bahwa ia diresapi bermain dengan perasaan dan menghormati niat komponis. Gaya bermain sangat berpengaruh dalam menentukan cara pemain biola modern yang mendekati instrumen. Nya penggunaan cepat vibrato , emosional portamento , tempo cepat, dan kontrol busur luar biasa bersatu untuk membuat suara yang sangat khas yang membuat kita Heifetz bermain langsung dikenali untuk pecinta. Pemain biola Itzhak Perlman , yang dirinya terkenal karena kaya nada yang hangat dan penggunaan ekspresif portamento, menjelaskan nada Heifetz sebagai seperti "tornado" karena intensitas emosionalnya. Perlman juga mengatakan bahwa Heifetz lebih suka disimpan relatif dekat dengan mikrofon, sebagai akibatnya, orang akan melihat kualitas nada yang agak berbeda saat mendengarkan Heifetz selama pertunjukan gedung konser sebagai lawan rekaman.
Dalam menciptakan suara-Nya, Heifetz sangat teliti pilihannya string. Dia menggunakan perak Tricolore luka usus g-string, usus polos yg tak dipolitur D dan A string, dan baja Goldbrokat E menengah string yang termasuk merek rosin Bukit jelas hemat. Heifetz percaya bahwa bermain pada string usus sangat penting dalam memberikan suara individu.
Share
Heifetz dianggap salah satu pemain biola terbaik sepanjang masa. Perintah teknis Heifetz dari alat-Nya - kemampuan fisik untuk memainkan biola dengan kecermatan yang mengagumkan - dianggap oleh banyak kritikus sebagai tiada bandingnya. Bahwa pengendalian fisik diaktifkan Heifetz untuk menghasilkan kualitas nada khas, intens dan berkilauan, yang kemudian dianggap sebagai ciri khasnya. Namun, dari waktu ke waktu yang hampir sempurna tekniknya dan sikap tahap konservatif menyebabkan beberapa kritikus untuk menuduh dia menjadi terlalu mekanis, bahkan dingin. Virgil Thomson disebut gaya Heifetz dari bermain "sutra musik pakaian", istilah yang ia tidak berniat sebagai pujian. Kritikus lain berpendapat bahwa ia diresapi bermain dengan perasaan dan menghormati niat komponis. Gaya bermain sangat berpengaruh dalam menentukan cara pemain biola modern yang mendekati instrumen. Nya penggunaan cepat vibrato , emosional portamento , tempo cepat, dan kontrol busur luar biasa bersatu untuk membuat suara yang sangat khas yang membuat kita Heifetz bermain langsung dikenali untuk pecinta. Pemain biola Itzhak Perlman , yang dirinya terkenal karena kaya nada yang hangat dan penggunaan ekspresif portamento, menjelaskan nada Heifetz sebagai seperti "tornado" karena intensitas emosionalnya. Perlman juga mengatakan bahwa Heifetz lebih suka disimpan relatif dekat dengan mikrofon, sebagai akibatnya, orang akan melihat kualitas nada yang agak berbeda saat mendengarkan Heifetz selama pertunjukan gedung konser sebagai lawan rekaman.
Dalam menciptakan suara-Nya, Heifetz sangat teliti pilihannya string. Dia menggunakan perak Tricolore luka usus g-string, usus polos yg tak dipolitur D dan A string, dan baja Goldbrokat E menengah string yang termasuk merek rosin Bukit jelas hemat. Heifetz percaya bahwa bermain pada string usus sangat penting dalam memberikan suara individu.
0 comments:
Posting Komentar