Pablo Sarasate lahir di Pamplona , Navarre, anak seorang bandmaster artileri. Dia mulai mempelajari biola dengan ayahnya pada usia lima dan kemudian mengambil pelajaran dari seorang guru lokal tapi bakat musiknya menjadi jelas sejak awal dan ia tampil dalam konser publik pertama di La Coruña pada usia delapan. Penampilannya itu diterima dengan baik, dan menarik perhatian seorang patron kaya yang menyediakan dana untuk Sarasate untuk belajar di bawah Manuel Rodríguez Saez di Madrid di mana ia mendapat nikmat Ratu Isabel II . Kemudian, sebagai kemampuannya dikembangkan, ia dikirim untuk belajar di bawah Jean-Delphin Alard di Konservatorium Paris pada usia dua belas. Di sana, di tujuh belas, Sarasate memasuki kompetisi untuk Prix Premier dan memenangkan hadiah pertama, kehormatan Conservatoire tertinggi.
Sarasate, yang telah bermain di depan umum sejak kecil, melakukan debutnya Paris sebagai pemain biola konser pada tahun 1860, dan bermain di Londonpada tahun berikutnya. Selama karirnya, ia melakukan tur banyak bagian dunia, tampil di Eropa , Amerika Utara , dan Amerika Selatan . Artistik Nya keunggulan ini disebabkan terutama untuk kemurnian nada, yang bebas dari kecenderungan terhadap sentimental atau kagum, dan bahwa fasilitas mengesankan eksekusi yang membuatnya virtuoso a. Pada awal karirnya, Sarasate dilakukan terutama opera fantasi, terutama Fantasi Carmen , dan berbagai karya lain bahwa ia telah tenang. Popularitas rasa Spanyol Sarasate dalam komposisinya tercermin dalam karya sezamannya. Sebagai contoh, pengaruh musik Spanyol dapat didengar dalam karya-karya terkenal seperti Édouard Lalo 's Symphonie Espagnole yang didedikasikan untuk Sarasate,Georges Bizet itu Carmen , dan Camille Saint-Saëns ' Pendahuluan dan Rondo Capriccioso , ditulis tegas untuk Sarasate dan didedikasikan untuk dia.
Tulisan idiom Sarasate untuk alat-Nya, kritikus musik dan penulis drama George Bernard Shaw pernah menyatakan bahwa meskipun ada banyak komponis musik untuk biola, ada tapi komposer musik beberapa biola. Bakat Sarasate sebagai pemain dan komposer, Shaw mengatakan bahwa ia "meninggalkan kritik terengah mil di belakangnya." Komposisi sendiri Sarasate yang terutama menunjukkan-potongan dirancang untuk menunjukkan teknik teladan (bias ditampilkan, perlu referensi). Mungkin yang paling dikenal dari karya-karyanya adalah Zigeunerweisen (1878), sebuah karya untuk biola dan orkestra. Sepotong, Carmen Fantasy (1883), juga untuk biola dan orkestra, memanfaatkan tema dari Georges Bizet opera Carmen. Mungkin Encores yang paling dilakukan adalah dua buku dari tarian Spanyol, potongan singkat yang dirancang untuk menyenangkan telinga pendengar dan pamer bakat pemain itu. Ia juga membuat pengaturan dari sejumlah karya komposer lain untuk biola, dan set terdiri dari variasi pada "potpourris" diambil dari opera akrab bagi pendengarnya, seperti nya Fantasia di La forza del Destino (Opus nya 1), "nya Cinderamata dari Faust ", atau variasi pada tema dari Zauberflöte Die . Pada 1904 ia membuat sejumlah kecil rekaman.Dalam semua perjalanannya Sarasate kembali ke Pamplona setiap tahun untuk San Fermín festival.
Sejumlah karya untuk biola yang didedikasikan untuk Sarasate, termasuk Henryk Wieniawski 's Violin Concerto No 2 , Édouard Lalo 's Symphonie Espagnole ,Camille Saint-Saëns ' Violin Concerto No 3 dan nya Pendahuluan dan Rondo capriccioso , Max Bruch 's Fantasi Skotlandia , dan Alexander Mackenzie 's Suite Pibroch. Juga terinspirasi oleh Sarasate adalah William H. Potstock 's Souvenir de Sarasate.Sarasate meninggal di Biarritz , Prancis pada September 20, 1908 dari bronkitis kronis. Dia mewariskan biolanya, yang dibuat oleh Antonio Stradivari pada tahun 1724, ke Musée de la Musique . Biola sekarang namanya sebagai Sarasate Stradivarius dalam ingatannya. Keduanya Stradivari biola, para Boissier dari 1713, sekarang dimiliki oleh Conservatorio Superior de Música Estat di Madrid . Di antara murid biolanya adalah Alfred De Seve . Pablo Sarasate Internasional Kompetisi Biola diadakan di Pamplona. Share
0 comments:
Posting Komentar